Ini adalah coretan yang saya tulis iseng-iseng berdasarkan
pengalaman seorang teman yang ngeyel percaya banget sama cinta pada pandangan
pertama, padahal itu ngga benar-benar ada, dan dia masih agak kurang sadar akan
dirinya sendiri. Lebih tepatnya, kepedean lah. Coretan ini juga cuma sebagai
pelajaran buat saya biar punya sedikit keberanian menulis, ya walaupun ngga tau
pantes apa ngganya nih dibilang tulisan, enak nggaknya pas dibaca. Kacau banget
deh isinya, pokoknya. Bukan tulisan yang pertama sih, tapi ini merupakan
ekperimen-ekperimenan aja, bikin narasi yang ngga tau gimana alurnya.
Pastikan sebelum melanjutkan membaca, kamu sudah nyedian kantong
plastik kresek buat kalau mual sudah siap muntahin disana, nggak sembarangan.
Jujur, saya sendiri yang pernah nulis kaya gini, ngerasa, ini kok jelek banget,
agak jijik gimana gitu, sumpah. Biarin deh malu-malu juga diposting aja, kali
aja ada yang lebih ancur nulisnya dari saya diluar sana.
Cuma ya gitu kesannya lucu, konyol dan pengen nampol aja si
penulisnya, dan pengen nanya, bisa nulis ngga sih, mas? Kalau tahu bukan saya
sendiri yang nulis. Wkwkwk.
Cuss aja deh langsung.
Jadi gini, belum aja genep seminggu, eh ternyata kita
dikehendaki tuhan ketemu lagi, tuhan emang lagi baik sama saya kali ini ya
ternyata, baru minta kemaren malem eh besoknya diijabahin ketemu lagi. Ternyata
sadar ga sadar ini pertemuan yang kedua kalinya, wuh kalo tau gini mah tadi
saya ngambil stock jantung
dulu biar ga kena shock syndrome kayak
gini. Nah yang jadi masalahnya itu, emang si ini pertemuan ketiga kita, dan
secara hukum layaknya di episode eftivi-eftivi, hari kemarin adalah saya harus
ajak dia kenalan terus di ajak jalan gitu, itung itung tanda jadi. Tapi
ironinya hukum itu berlaku kalau kita ketemu di tiga tempat dan waktu yang
berbeda. Aneh memang. Total absurb.
Kurang lebihnya itu yang saya crocosin di KOMIK (Kumpulan Ocehan
Menjuijikan) sebelumnya, sebuah catatan khusus bagi penderita penyakit aneh
akut. Padahal kalau ngomongin masalah waktu dan tempat, disini udah sangat pas
si, hari sebelumnya kan ketemu di saat kalong-kalong sibuk gosok gigi, terus sudut
tempatnya 40'BT-15'LS-70'BB-125'LU dikedalaman -700 km (lagi ngukur jidat ya
bro ?. Kamu pikir emang gempa merapi atau tsunami aceh ?
Dan yang buat signifikan si bedanya yaitu dipisahin 3 kursi
hajatan kedepan saja. Ada yang kambuh deh, akhirnya penyakit bawaan orok
tiba-tiba nongol waktu, padahal udah sedeket itu masih aja ga ada usaha buat
apa kek yang bisa dapetin perhatiannya gitu. Yang ada malah kegilaan kronis
saya tambah parah, senyam senyum sendiri kaya orang gila tulen di Sukowati.
Ditambah lagi otak saya komat kamit dengan generiknya bayangin
"hey, kamu yg kemaren
malem itu ya?” dengan muka tebal
sok kenal sok imut, itemmutlak bos?
“Boleh kenal ga nih?” sambil ngusap alis/sok
cool gitu, “iya,
kamu juga yang kemaren kan ?”
”Aku Nunu (nama samaran)
kamu siapa ?” balik nanya.
“Oh ya, kenalin gue Antonn.”
Ceritanya adegan jabat tangan nih.
Eh dia malah senyam senyum tanpa emosi, langsung deh senyuman
indosat terlontar dari congor ajaib ini,
“Oia, boleh minta nomer hapenya
ga?”
“Hah minta, ntar aku pake nomer
apa lg dong kalo diminta?”
“Hehe..” mringis gigi ilfilnya
ndongol, sial bisa aja nih si cewe pake candaan garing.
“Hehe maaf cuma becanda kok,
mana hapemu biar aku ketik sendiri nomerku.” Dia kata.
Hati kecil nyletuk "wuihhh, ini yg
ditunggu-tunggu dari tadi" malah saya nambah sok sok'an laku lah,
pake nebak "dalem
hati mah seneng tuh dideketin cowo, apalagi kaya gue...." walaupun
saya sadar cuma cowo dengan tampang dan isi dompet pas-pasan, pas banget kalo
lagi ganteng dan pas buat dapet peran jadi orang idiot kronis yang bikin orang
jadi simpatis. Itu sekilas yang ada di otak kanan saya, nyatanya, mungkin baru
dideketin aja udah alergi duluan tuh kayanya. Balik lagi ke waktu itu,
situasinya udah gak kondomsiflah pokoknya, eh salah kondusif maksudnya, maklum
muka saya ga rata. Meski di ruang ber-AC, gak
ngaruh apalagi di tambah ada dia, jadi tambah nglunjak nih darah. Oh ya saya
dari kemaren belum cerita lagi ada acara apa si sebenernya ya? Tapi gak cocok
deh dibahas disini, tapi kalo kamu masih tetep ngotot pengen tau mending cepe
cepet tekan 15045 aja di hapemu, yang ada nanti kamu ditanya mau paket combo
apa mas/mba, atau yang biasa aja?, kurang lebih begitu, yeee jadi gak nyambung
ceritanya.
Malam semakin melarutkan waktu dan posisi saya masih kaya telur
ayam yang dikurung di ruang inkubator, demam ga jelas. Alasannya, dia duduk
persis tiga spasi kursi didepan saya, dan kaya ngasih tanda orang tenggelem
yang melambai memanggil minta tolong dan saya dibuat mupeng stadium akhir
karena penyakit keGeeRan meningkat 777%. Sesekali dia lewat samping saya, pas
kebetulan tempat duduk kita ada di jalur utama pantura yang jadi sentral
transportasi darat, mau mudik kemana brow?
Itupun kayanya pengen ke toilet keliatan dari wajahnya yang kena
serangan mendadak kena diare garagara liat muka saya yang pas ini, mungkin
mirip gagang flush.
Dengan gaya orang ngiler kelaperan liat orang lagi makan, nikmatin dah tuh
keadaan buat natapin gerak lihai langkah model cat-walk yang perfecto jutek
dan udah bikin saya ga bisa tidur beberapa jam kemaren malem. Wajahnya kaya
kopi, coklat item beserbuk donk ? atau kaya Face-Tonic yang bersiin bakteri
jahat dimuka.
Acara si udah mulai masuk penghujung ni, tinggal nunggu juri
ceramah terus kasih tahu siapa yang menang, gunakan sabuk pengaman, fokus liat
yang didepan, air muka penuh rasa tegang atau bimbang, komat kamit ga jelas,
itu saya liat dikursi kiri kanan depan belakang saya. Yang ada saya sendiri enjoy ngliatin
muka dia yang berseri seri penuh misteri.
Dia senyum ga berarah gitu, lagi kebingungan atau apa ga tau,
kurang jelas, wajahnya seolah diprogram hanya untuk memberi senyuman ke
berbagai arah si. Pesonanya ga bisa diekspresikan dengan pasti dan jelas
sumpah. Saking penasarannya siapa yang bakal dapet gelar juara. Coba aja saya
ada disampingnya mungkin tambah dapet peran idiot kelas hollywood tanpa casting
dulu, triak triak, loncat loncat, telanjang girang, ga ngarep kalah atau
menang. Intinya perhatian dia yang jadi cita-cita dengan cara unik dan langka,
itu cukup membanggakan buat saya daripada ikut Guinnes World Record tapi makan
cacing kriting berwujud sotonya bu Nining mah.
Eh... si peri kemana tuh, keasyikan ngeyel jadi ilang kan ? Ah
bencana nih, ngantuk bakal melanda kalau dia ga disini. Seusai meladeni obrolan
dengan teman yang duduk di kursi sebelah, saya kehilangan fokus untuk
memperhatikan dia, iya dia. Sehingga saat dia beranjak ke tempat lain, luput
dari jangkauan pandangan saya.
**
Tambah mengenaskan dah corak tampang saya, kaya ayam jago yang
abis diadu dan alhasilnya kalah, udah itu ngantuknya kaya lagi sekarat. Untung
disamping ada temen yang kayanya bisa dijadiin korban pelampiasan biar nggak
mudah ngantuk lagi, eh ngga lama setelah obrolan topik bahasan terakhir, malah
dia udah duluan dalam posisi pewe-nya ndengkur langsung shock waktu gue
bangunin. Agak sedikit kesel si ekspresi muka yang dipake waktu, tapi cuma
bentar. Terus kita ngobrol ngobrol ga jelas gitu, yang diawali dari omongan
tentang SBY, bapak presiden yang terhormat lho ya bukan kota, terus Butet Karta
Rajasa, Barcelona, dan ada yang sampai ke obrolan agak ngeres khas
lelaki kurang kerjaan. Ngomongin siapa coba? Depe sama Jupe bos, tau kan?,
emang kotor dah mindset kita berdua walaupun baru kenal, tapi cuma buat hiburan
aja si biar ngga ngantuk, gapapalah.
Eh lagi lagi ngecaprak ya ceritanya, maklum belum dapet lisensi
dari pihak UEFA jadi gini, emang mau jadi pelatih ? Eh tiba-tiba dia buat
jantung ini hampir lepas dengan cara dateng spontan nongol di belakang saya,
tapi ga ngapa ngapain juga, toh dianya juga sebenarnya lagi asyik sama
temennya, dan mana tahu dia tentang anakan kecebong seperti saya ini yang lagi
kasih perhatian sama dia. Pembagian makanan ringan waktu itu cukup membantu isi
perut yang mulai kosong, meski waktu itu sempat terjadi sedikit insiden
singkat, yang mana panitia konsumsi dibuat kelimpungan. Jatah peserta yang
kurang sebanding dengan jumlah peserta, dibantai habis-habisan di saat
menjelang jedah waktu, dan ketika para jurisedang sibuk sama penilaian mereka.
Ruangan pun jadi kacau kaya kereta ekonomi Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, grudugan.
Semuanya kilav lupa daratan, banjir box makanan plus plastik tak terhindarkan.
Kebersihan sebagian dari iman tidak tertunaikan saat perut dalam keadaan
kekurangan. Laaah, kok malah cerita kebersihan ya? Ga nyambung lagi ya?
Well, ok, next, ceritain dia lagi deh, dia dan hampir semua
peserta, termasuk saya sudah duduk tenang kembali lagi di
singgasananya. Semuapun berjalan dengan hikmat, ga ada nada sumbang yang
nyletuk sedikitpun. Nah ini sesi yang bikin tambah shock berat, masalahnya lagi
asyik-asyiknya merhatiin dia, eh dengan gerak elastis refleksi kaya ninjanya
tau aja kalo saya lagi ngintai dia, persis kaya di film film kolosal Jepang
yang tingkat kewaspadaan terhadap lawannya ga perlu ditanya. Langsung deh pose
senyum Oriental ala Tiongkok melontar kaya meriam jaman belanda ke mukanya, dan
hebatnya lagi senyuman najis saya yang tek kasih pas sorot matanya kaya
teropong sniper itu ternyata bisa ngebuat dia kaya udah kenal lama sama saya
dan ngasih senyuman balik malah, tambah dan semakin nambah dah fly nih. Oh ya
sory ya buat kamu yang malem itu juga dalem posisi yang sama kaya saya,
bukannya ke Ge-eRan atau gimana tapi fakta yang bicara demikian. Tapi tenang
aja saya juga belum dapet harapan yang pasti.
Akhirnya pengumuman dari juri akhirnya dimulai setelah sejauh
10km juri berceramah lamanya. Berawal dari ujung sampai pangkal juara
penyebutannya yang dimuncratkan dari seperangkat soundsystem yang bisa buat
hadirin kena serangan jantung atau stroke mendadak. Satu persatu disebutin
sampai-sampai bikin tegang urat jidat. Eh yang ga disangka sangka ga diduga
duga, tim kita jadi salah satu korban yang wajib mengambil salah satu piala
diatas panggung pentas. Kalo boleh jujur si tim kita ga layak deh buat jadi
pemenang, tapi fakta berbicara demikian, apa boleh buat. Congrats guys!
Ternyata berbuah tangis bahagia. Lho kok ujung ujungnya ga
nyambung lagi si?
Ya
dah bentar ya saya mau ke toilet dulu ni nyari ilham, bro, tu si Ilham lagi
didepan, kali aja nemu sesuatu kaya Syahrini minimal lah, biar kalian
bacanya ga ndengis gitu. Yang jelas endingnya sekarang saya berpesta dengan
tanda tanya, berjumpa beberapa malam dengan peri yang udah ABG bukan peri
ingusan lagi yang udah buat saya ga konsen mikir yang laen dan akhirnya saya
kesemsem, parahnya lagi waktu acara selesai semua ribut berpose alay, nah waktu
saya jalan perlahan keluar bersama teman teman, saya kesandung kabel lighting acara
kemudian jatuh pada rasa penasarn yang ujung ujungnya pengen kenal lebih dekat.
Dan mungkin atau ga mungkin malam itu bakal jadi malam terakhir buat saya
ketemu sama dia. Cuma sekali dapet kesan manis, yaitu saat dia beri senyuman
itu.
Kalau
gak ada sumur diladang
mending
jangan mandi dikali, deh. . .
Kalau
emang kita sepasang
gak
mandipun
pasti
banyak bakal kemungkinan kita jumpa lagi, iyeh..
**
Mau ga mau harus mau, gak masalah lah, nikmatin aja deh
prosesnya yang penting nyadar jangan terlalu lemot mikirnya. Kurang lebihnya
gitu kalo kata dosen saya si, satu demi sekian, dijalanin saja deh tuh semua
proses latihannya. Pada akhirnya sampe di malem yang memungkinkan di panggung
pentas untuk tidak satu pun melakukan kesalahan, detail resihnya si saya ga mau
cerita, maaf resep rahasia dapur perusahaan.
Congor saya dibikin se-idiot mungkin sama tuh makhluk. Bener
bener gak bisa di tolelir dah, kisah semalem, tuh peri sumpretttt banged, inner-nya, attitude-nya dan wajahnyanya
juga cukup easy-going
and TeOPeBeGeTe dah, kata anak SMA mah. Dari cara jalannya yang kaya
bidadari jemput saya di gerbang pintu surga, sorot tajamnya yang cocok buat
nyisirin bawang di dapur, mantep tuh? Ga perlu beli pisau deh, ckkckc. Apalagi
bahasa tubuh lain-lainnya yang masih belum bisa saya terjemahin ke kata kata. The absolute-perfecto
numeru uno el'cambiasso-nya itu dia bisa bikin otak kiri gue berfikir
kompleks paralel kaya orang abis kena setruman dengan kesuperduperJUTEKannya
itu loh. Ah ngemeng apa sih!
Parahnya lagi, tai lalat di deket tipis lesung pipi memerah yang
menghiasi kelopak senyum tanggung dan kaya orang ga niat ngasih-nya itu
berkilau berkaca kaca deh kaya spion mobil yang kesemprot cahaya matahari
sekilas. Terangnya seperangkat lampion natal ataupun obor FIFA WC gak ada apa
apanya sama sekali saya ngarepnya coba aja kalo saya ini kaya aktor film
romantis Prancis atau cukup, jadi aktor wayang juga gak pa pa lah kalo perannya
jadi Arjuna mah, hehehecuma ngarep kok, senyam-senyum cengengesan kaya baru
ketilang pak polisi gara gara gak pake pengaman.
Super hebatnya lagi kok bisa ya dia masuk ke dalam ingetan gue
dalam waktu kurang dari sedetik aja dan ga bisa lupa selama 3x24 jam, tamu
harap lapor. Pos satpam kaleeee.
Padahal pengennya si enzim otak saya ini di penuhi sama materi
materi kuliah yang sama sekali saya belum ngerti buat UAS dan SKRIPSI nanti
gitu walaupun emang sesaat kita juga butuh rekreasi buat terapi. Ungu kemayu
dengan batik elegan, syal yang membalur lingkar menghangatkan aroma tubuhnya
itu penuh tanya dari seluruh misteri yang ada mengundang kegalauan. Ingin
dekati, pahami, kenali dan poligami, eh, nggak ding. Akhirnya sekali lagi saya
terlalu ngarep dan ujung ujungnya ngayal duluan, ngayal mulu. Abis gratis si.
Ngayal itu kerjaan yang paling hemat didunia. Setelah tengkurep terus berbaring
sambil ngorok, bisa ngayalin apa saja. Nah parahnya yang saya khayalin kali ini
tuh peri jadi putri selir di istana saya, sampe segitunya, satu lagi keunggulan
kita berkhayal, yaitu pasti yang enak enak aja, tapi nyadar bos. Kamunya mau
juga dia belum tentu. Ini nih yang namanya beda keyakinan. Secara, kamu itu
belum jadi apa-apa, jadi raja ngayal iya. Tapi udahlah tinggalin aja dah
khayalan yang ga berkualitas dan bermutu itu dan saya ingetin buat kamu kamu
yang semalem ketemu sama peri yang sama ama saya gak perlu khawatir toh itu
cuma ilusi aja.
Masih ada kesempatan buat kalian yang pengen kasih dia perhatian
dengan CATATAN kalo dianya juga mau diperhatikan sama kamu juga.
Balik lagi ke kisah binal saya, emang lu cowo sesuatu?. Dipikir,
ditimbang, ditinjau dan sekarang lagi diamati sama NASA, ituloh makanan yang di
dalemnya ada isinya, kaya kornet, sapi, atow ayam gitu, makanan gue waktu
jamannya SMA. Eh plis deh segede apa tuh kue ampe sapi bisa tengkurep disitu?
Kayaknya dia udah punya Arjuna deh, masa sih peri yang menurut
saya kelihatannya si baik gitu ga ada yang belahannya, yah patah semangka deh
saya. Tapi berhubung pihak FBI belum melakukan olah TKP jadi kayanya bisa deh,
liat besok ajalah, kalo emang saya di pertemuin sebanyak tiga kali lagi
ditempat yang beda beda, sambil gusar, besar anunya. Harapan besar tuh wajar
wajar aja ya, toh dunia ini begitu sempit dan ngarep saya yang terakhir di
cerita ini ada bintang jatoh terus persis jatohnya kena jidatnya terus lupa
ingetan terus waktu lagi berpapasan dan tergeletak tepar di hadapan saya terus
pas bangun kaya di pilem-pilem eropa gitu, liat spion boy ntar nabrak. Itu satu
satunya kesempatan ter-briliant yang
ada dalam khayalan saya dan gak memungkinkan untuk terjadi dan gak akan pernah
terjadi. Oia, maap ya berhubung penulis kebelet jadi ga bisa ditulis semua,
tapi tenang aja buat endingnya gak ada peran pengganti kok, kasian asisten otak
saya nyari yang kaya gitu. Berhubung dompet saya yang hilang masih dalam
penyelidikan pihak Kramat Jati, jadi saya masih dalam telanjang mikir.
Yang jelas sampai tulisan selesai diperbaiki sama montir becak,
belum ada pertemuan atau kesempatan bertemu lagi antara si Anton dengan
bidadari yang dia maksud. Saat dia cerita ini, ke saya, jujur ini adalah momen
paling akward yang
pernah saya alami. Gimana ngga, ceritanya itu loh mbulet banget. Intinya apa,
maunya kemana juga ga jelas, blas. Tapi ya lumayan lah sedikit nantang buat
bisa sedikit ringkasan cerita yang dia alami selama beberapa hari terakhir ini.
Semoga kalian yang mual, telah membuang muntahan tepat pada
tempatnya. Bukan pada muka Anton, apalagi saya.
Jember,
2011
Komentar
Posting Komentar